Sabtu, 09 November 2013

Cara Memasang JAVA ME SDK pada NetBeans IDE

Artikel ini menunjukkan bagaimana cara memasang J2ME SDK 3.2 untuk NetBeans IDE pada sistem operasi Windows dan beberapa penjelasannya.
JavaNetBeans
NetBeans adalah perangkat lunak IDE (Intergrated Development Environment/Lingkungan Pengembangan Terpadu) yang digunakan untuk pembuatan kode/naskah dari beberapa bahasa pemrograman seperti Java, C/C++, HTML5, PHP, dan sebagainya.
Java ME SDK adalah perangkat lunak pengembang (Standard Development Kit) yang digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi Java Micro Edition seperti perangkat lunak pada telepon seluer yang berbasis Java.
Selain NetBeans, Eclipse juga dapat digunakan untuk membuat program/aplikasi Java ME. Alasan saya memilih NetBeans adalah karena cara pemakaiannya yang mudah dan juga IDE tersebut dikembangkan oleh Oracle Corporation yang juga saat ini mengembangkan platform Java.

Bila anda belum punya NetBeans IDE, silahkan unduh terlebih dahulu di: https://netbeans.org/downloads/index.html baik rilis versi 7.4 atau 8.0 bisa digunakan.

Lalu pilih download untuk Java SE (Standard Edition) SDK. Atau juga bisa pilih "All" yang lengkap isinya. Karena NetBeans itu sendiri dibuat dengan Java, maka anda harus terlebih dahulu memasang atau memiliki Java Runtime (JRE) sesuai versi JDK yang dipilih.

Bila anda sudah punya NetBeans IDE, Unduh Java ME SDK di: http://www.oracle.com/technetwork/java/javame/javamobile/download/sdk/index.html
Untuk versi 3.2 terdapat pada: https://edelivery.oracle.com/otn-pub/java/java_me_sdk/3.2/oracle_java_me_sdk-3_2.exe
Pilih Java ME SDK 3.2 untuk Windows, perlu diketahui ada beberapa syarat untuk keperluan sistem:
  • Kapasitas cakram keras (Harddisk) 300-350 MB
  • RAM 1 GB
  • CPU Pentium 1 GHz
  • Java SE SDK versi 1.7+
  • NetBeans versi 7.1.2+
Untuk versi yang lebih tepat/bila anda tidak punya akun oracle, JME SDK 3.2 dirancang untuk JDK 7 (atau dahulu disebut 1.7) oleh karena itu pilihlah NetBeans 7.4 agar dapat bekerja sesuai.
Jalankan setup sebagai administrator (Run as administrator) untuk Windows Vista/Windows 7, lalu pasang Java ME SDK pada folder Java, yang berdekatan dengan folder Java SE SDK dan Java Runtime (JRE) agar lebih mudah ditemukan (Misal di C:\Program Files\Java\). Secara otomatis setup akan mendeteksi Java atau Java SE SDK yang telah terpasang, lalu pilih Java SE SDK untuk JDK™ home folder. Lalu klik tombol "Next >" dan tunggu proses pemasangannya hingga selesai. Secara otomatis J2ME Emulator juga akan terpasang.
Java ME SDK Installation
Java ME SDK 3.2 dipasang dengan JDK 1.7 (7u60)
Setelah terpasang, buka NetBeans, periksa jika platform sudah terpasang, klik "Tools" pada menu bar, dan klik "Java Platforms", bila belum ada platform CLDC dan CDC, klik tombol "Add Platform...", lalu pilih "Java ME CLDC Platform Emulator" dan pilih folder Java ME platform SDK 3.2 yang terpasang tadi, lalu ulangi juga untuk memasang "Java ME CDC Platform Emulator" dengan memilih folder yang sama, dan klik hingga finish, secara otomatis akan mendeteksi platform dan mengintergrasikannya pada NetBeans IDE.
Java platform CLDC yang terpasang pada Netbeans
Java ME Platform CDC dan CLDC terpasang pada NetBeans
Setelah itu, klik "Tools" pada menu bar, dan klik "Plugins", buka tab "Available Plugins" (jangan lupa untuk klik "Check for newest"), cari kategori "Java ME" atau "Mobility" dan "Java ME SDK Tools", lalu pilih/centang semua plugin pada kategori tersebut untuk diunduh dan dipasang. Klik install, klik "Next", baca & centang persetujuannya lalu ikuti petunjuk selanjutnya dan menunggu hingga pemasangan selesai. Setelah berhasil, mulai ulang NetBeans anda dan hasilnya akan terlihat seperti ini pada jendela "Plugins":
Java ME, Java ME SDK, Mobility plugins
Plugins Java ME SDK terpasang di NetBeans
Langkah yang terakhir adalah memasang paket yang diperlukan, seperti contoh/sampel aplikasi yang dapat diunduh melalui Java ME SDK Update Center, pada NetBeans yaitu Tools > Java ME > Java ME SDK Update Center
Dan anda pun siap untuk membuat aplikasi Java untuk HP.

Untuk pengaturan, dapat diakses pada: Tools > Options > Java > Java ME.
Untuk bantuan dan keterangan lebih lanjut, silahkan lihat di sini.

5 komentar:

  1. Trmh kasih atas tutorialnya, ini sangat membanu :)

    BalasHapus
  2. Bisa di pake gak buat convert apk jadi jar

    BalasHapus
  3. Thanks Gan ... 😀

    BalasHapus
  4. Kok di Plugin Netbean saya "JAVA ME SDK TOOL" nya tidak terpasang,padahal sudah instal sesuai prosedur ??

    BalasHapus

Mohon bersikap sopan dan santun. Isi komentar harus sesuai dengan topik.