Sabtu, 09 November 2013

Cara Membuat Aplikasi Java untuk HP (NetBeans)

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi untuk telepon seluler berbasis Java pada NetBeans IDE. Anda terlebih dahulu harus mengetahui dasar-dasar pemrograman bahasa Java dan cara aplikasinya, dapat dilihat pada dokumen tutorialnya, mulai dari halaman ini.
Apabila anda belum memiliki atau memasang NetBeans dengan Java ME SDK, silahkan baca post sebelumnya terlebih dahulu. Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.
  1. Buka NetBeans IDE.
  2. Klik File > New Project (Ctrl+Shift+N) atau klik tombol yang tersedia pada toolbar.
  3. Lalu pilih kategori folder Java ME > Mobile Application
  4. Klik tombol "Next >" dan isi nama proyek dari aplikasi yang akan dibuat, misal "AplikasiJavaHPKu", pilih lokasi folder proyek yang diinginkan bila perlu, dan pastikan "Create Default Package and Main Executable Class" di centang.
  5. Klik tombol "Next >", pilih emulator platform yang terpasang, pilih device yang disukai, lalu pilih konfigurasi dan profil dari device yang akan anda pasang ke HP anda. Misalkan HP jenis biasa buatan sekitar tahun 2009-2011 biasanya menggunakan profil CLDC-1.1 dan MIDP-2.1:
  6. Klik tombol "Next >", bila ada konfigurasi tambahan dapat dipilih pada dialog dibawah ini, akan digunakan pada saat kompilasi aplikasi. Bila tidak ada, klik tombol "Finish".
  7. NetBeans akan membuat proyeknya dan otomatis membuka MIDlet utama dengan isi kode yang kosong berdasarkan template.
    Ada beberapa bagian pada class "MIDlet" yaitu:
    • startApp() yaitu aktivitas saat aplikasi dimulai.
    • pauseApp() yaitu aktivitas pada saat aplikasi dijeda.
    • destroyApp() yaitu aktivitas pada saat aplikasi ditutup.
    Anda juga dapat membuat MIDlet, class ataupun file lainnya untuk dimasukkan kedalam proyek dengan mengklik File > New File pada proyek anda.
  8. Setelah itu anda dapat membuat kode untuk aplikasi anda. Bila anda pemula, anda dapat mempelajari dasar-dasar pemograman Java di sini. Contoh kode yang mudah dibuat untuk aplikasi awal adalah "Halo Dunia"/"Hello World":
    Hello World

    Berikut adalah kode dari gambar diatas:
  9. Jika sudah selesai dan tidak ada error yang terdeteksi, compile kode dengan mengklik tombol Build (F11) atau klik Run > Build Project atau bisa juga langsung Run Project untuk menjalankan emulator yang akan mengoperasikan aplikasi yang telah dibuat untuk diuji coba:
  10. Bila sudah tidak ada kesalahan yang muncul saat pengoperasian pada emulator dan output debug pada NetBeans, atau dengan kata lain aplikasi berjalan dengan lancar, maka aplikasi siap digunakan pada telepon seluler anda. Berkas aplikasinya dapat di temukan pada folder proyek\dist\NamaAplikasi.jar
Jika anda ingin mengatur profil dan pengaturan aplikasi, klik kanan pada proyek, pilih "Properties", dan anda dapat mengubah isi dan pengaturan, termasuk informasi untuk aplikasi tersebut, seperti nama aplikasi, icon, platform, dan sebagainya.
Pengaturan property MIDlet akan disimpan pada berkas yang disebut "MANIFEST" atau "MF" pada java archive (.jar) aplikasi yang dibuat. Untuk mempelajari jenis-jenis fungsi/kode umum dan referensi pada MIDP (2.0), silahkan buka dokumennya di sini atau pada NetBeans pada Help > Javadoc References > MID Profile.

2 komentar:

Mohon bersikap sopan dan santun. Isi komentar harus sesuai dengan topik.